Penyebab dan Gejala Penyakit Periodontitis

By | September 19, 2015

Periodontitis adalah adanya peradangan pada gusi yang parah dan bisa menyebar hingga ke struktur pendukung pada gigi. Periodontitis dapat membuat hilangnya progresif alveolar di sekitar gigi dan jika tidak segera di atasi dapat membuat pengenduran dan hilangnya gigi berikutnya. Jika hal ini terus dibiarkan juga dapat membuat terbentuknya kalkulus (karang gigi) yang dapat membuat bau mulut yang tidak sedap. Untuk itu mari kita kenali penyebab dan gejala penyakit periodontitis yang harus kita waspadai.

Penyebab dan Gejala Penyakit Periodontitis

perionditis

Periodontitis biasanya merupakan akibat dari kebersihan mulut yang buruk yang bermula dari adanya plak pada gigi. Plak ini adalah sisa dari makanan yang dapat mengandung gula dan pati dalam makanan kemudian berinteraksi dengan bakteri yang ada dalam mutut. Dapat dihilangkan dengan menyikat gigi, namun dapat kembali dengan mudah dalam waktu 24 jam. Plak yang tertinggal di gigi lebih lama dari 2 atau 3 hari dapat menjadi keras di bawah garis gusi dan membentuk karang gigi. Berbeda halnya dengan plak, karang gigi lebih sulit untuk dibersihkan dengan hanya menyikat gigi. Cara menghilangkan karang gigi dapat dilakukan dengan scaling oleh dokter gigi.

Plak dan karang gigi yang lama menempel pada gigi dapat menyebabkan kerusakan menjadi semakin parah yang berawal dari mengiritasi gusi (gingivitis). Namun, pada akhirnya peradangan dapat menyebabkan terbentuknya kantong di antara gusi dan gigi yang mengandung plak, kalkulus dan bakteri. Semakin lama peradangan tersebut dapat berkembang menuju jaringan bawah gusi yang menimbulkan kerusakan dan kehilangan jaringan juga tulang pendukung gigi.

Gejala Periodontitis :

  • Gusi bila tersntuh terasa nyeri.
  • Gigi goyah dan mudah tanggal.
  • Mulut terasa tidak enak dan bau mulut.
  • Gusi berwarna kemerahan, merah terang atau keunguan.
  • Terbentuknya kantong yang berkembang di antara gigi dan gusi.
  • Gigi terlihat lebih panjang dari normal.
  • Terjadinya gusi bengkak dan berdarah.
  • Keluar nanah dari daerah antara gigi dan gusi.

Itulah penyebab dan gejala dari penyakit periodontitis. Selalu memerhatikan kesehatan gigi dan mulut adalah hal penting yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari serangan penyakit atau bakteri yang dapat membuat gangguan pada mulut dan gigi kita. Terimakasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel menarik kami sebelumnya di cara menjaga kualitas sperma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *