Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asma Bronkial

By | September 30, 2015

Asma adalah salah satu penyakit yang terjadi karena adanya suatu masalah pasa saluran pernapasan yang membuat saluran pernapasan menjadi sempit dan dipenuhi dengan lendir. Kondisi ini menyebabkan penderita asma sulit untuk bernapas dengan lega. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengenali pantangan bagi penderita asma.

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asma Bronkial

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asma Bronkial

Penderita penyakit asma harus menghindari beberapa hal yang menjadi pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh penderita asma. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting untuk menghindari terjadinya serangan asma. Dibawah ini ada beberapa pantangan yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya asma, diantaranya :

  • Hindari Terkena Debu

Penderita asma memiliki musuh yang berat yakni debu yang dapat berasal dari lingkungan. Debu dapat memasuki saluran pernapasan dan menyebabkan reaksi alergi. Untuk menghindarinya penderita asma harus memiliki kamar dan rumah yang bersih dan terhindar dari debu dan kotoran.

  • Jauhi Hewan Berbulu

Bila anda menderita asma, sebaiknya anda menghindari semua hewan yang memiliki bulu mudah rontok seperti anjing dan kucing. Sebenarnya penderita asma juga sangat rentan terkena partikel kotor yang berasal dari hewan seperti air liur dan kulit binatang. Oleh karena itu, sebaiknya bagi yang menderita asma tidak memelihara anjing dan kucing.

  • Mencium Serbuk Bunga

Terlihat memang sangat indah, namun serbuk sari yang berada pada bunga dapat menyebabkan asma kambuh atau serangan asma yang sangat cepat. Agar dapat mengantisipasi hal tersebut sebaiknya, penderita asma tidak mendekati bunga yang sudah layu ataupun mati dan tidak meletakkan pot bunga atau tanaman di dalam ruangan.

  • Melakukan Olahraga Berat

Penderita asma memang dianjurkan untuk melakukan olahraga atau latihan agar melatih organ pernapasan. Akan tetapi, jenis olahraga yang berat dapat menyebabkan penderita kesulitan untuk bernapas karena membutuhkan banyak tenaga yang sebenarnya dilarang. Meski bermanfaat untuk kesehatan, namun jika dilakukan terlalu berat akan memperparah penderita asma. Hal inilah yang dapat menyebabkan kondisi penderita asma menjadi semakin memburuk.

Terkena Cuaca Terlalu Panas atau Dingin

Gangguan pada saluran pernapasan dapat disebabkan oleh perubahan cuaca yang terlalu ekstrim. Apabila cuaca terlalu dingin maka dapat menyebabkan saluran pernapasan mudah menyempit sehingga serangan asma dapat terjadi kapan saja. Jika cuaca terlalu panas juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan.

  • Jauhi Makanan Pemicu Alergi

Bagi anda yang menderita penyakit asma, harus dapat mengetahui beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadinya alergi. Secara umum, penderita asma selalu memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Produk yang biasanya memicu alergi adalah susu, telur, gandum, ikan, kacang, kedelai dan beberapa jenis pengawet makanan.

  • Kurangi Mengonsumsi Garam

Garam sudah biasa dipakai sebagai bumbu dalam masakan dan dapat dijadikan sebagai bahan pengawet alami. Namun, mengonsumsi garam yang berlebihan bagi penderita asma dapat membuat kondisi asma menjadi lebih buruk. Untuk itu, bagi penderita asma sebaiknya tidak mengonsumsi garam secara berlebihan.

  • Tekanan Emosi Terlalu Kuat

Asma akan dapat menjadi sensitif bila terkena tekanan emosi ang terlalu kuat. Tekanan emosi dapat berupa rasa cemas yang berlebihan, rasa takut, hingga rasa gembira juga dapat membuat asma menjadi lebih mudah untuk kambuh. Serangan asma juga dapat terjadi ketika mengalami tingkat stress yang tinggi, disebabkan karena adanya tekanan emosi yang terlalu kuat dan menyebabkan perubahan pada denyut jantung sangat kuat. Perubahan denyut jantung dapat menyebabkan perubahan pula pada pernapasan dan memicu serangan asma.

Itulah beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh penderita asma agar serangan penyakit asma yang kambuh dapat terhindari. Menjaga kesehatan dan memiliki pola hidup yang baik selain dapat mengurangi serangan terjadinya asma, namun dapat juga membuat tubuh untuk selalu tetap bugar dan sehat. Semoga bermanfaat 🙂