Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) Secara Islami

By | June 12, 2017

doa susah tidur malam, cara mengatasi susah tidur secara alami, obat insomnia menurut islam, susah tidur malam kenapa, cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran, cara agar cepat tidur islam, kumpulan obat tradisional susah tidur, cara agar tidak insomnia lagi

Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) Secara Islami – Secara realita  bahwa sekian banyak orang yang kerja keras banting tulang untuk menuntaskan pekerjaanya sehingga melupakan waktu yang mana kapan untuk kerja dan kapan untuk istirahat. Padahal di dalam ajaran Islam sendiri sudah dijelaskan secara real bahwa waktu istirahat yang baik adalah dimalam hari dan menurut kesehatan juga istirahat yang paling baik adalah dengan tidur.

Cukup istirahat atau tidur akan berdampak baik pada psikologis atau pun baik untuk kesehatan terutama bagi para pekerja keras yang tinggal di kota-kota besar. Alloh Subhanahu Wata’ala telah memberikan kenikmatan bagi kita dengan mampu mengistiahatkan dan memejamkan mata di malam hari.  Bagaimana jika Alloh membukakan mata setiap hari atau Alloh memejamkan mata kita selamanya ?

Sungguh pun hal demikian kita wajib mensyukuri anugerah Alloh SWT dengan senatiasa diiringi rasa takut kepada Alloh karena segala aktivitas yang ada di langit dan aktivitas yang ada di alam semesta ini telah Alloh SWT atur sedemikian rupa termasuk hidup, ,rizki, jodoh, maut, keluarga semuanya karena kita sebagai makhluk hanya sebatas pewayangan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk umat islam senantiasa mengingat ke-Maha Besaran Alloh SWT.

Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.
(Q.S Al-qhashash :73)

Semua bentuk dan kasih sayang Alloh SWT bagi semua makhluk-Nya diantaranya diciptakannya siang dan malam serta setiap kali silih berganti. Hal demikian telah Alloh SWT atur dan tetapkan dengan menjadikan istirahat saat malam harinya dan mengais rezeki saat siang harinya.

Lalu, bagaimana dengan kiprah seorang manusia yang sebagian besar selalu melupakan waktunya?

Padalah sudah dijelaskan berdasarkan syari’at islam termasuk pedoman Al-qur’an dan Al-hadits bahwa dijadikan malam untuk kalian (umat manusia) sebagai sarana untuk istirahat dan dijadikan pula siang sebagai sarana kasab (untuk mencari rezeqi). Kerap kali manusia melupakan waktu istirahat yang diakibatkan berbagai faktor mulai dari faktor lingkungan, faktor psikologis hingga faktor fisik yang sedang terganggu kesehatannya.

Kondisi susah tidur di malam hari memang bukan hal yang baru-baru ini terjadi, akan tetapi sudah ada semenjak dahulu. Gejala susah tidur di malam hari ada yang mengatakan bahwa itu merupakan penyakit psikologis atau mental, padahal menurut ajaran islam sendiri bahwa susah tidur itu merupakan bagian dari penyakit batin.

Susah tidur baik pada laki-laki atau pun yang terjadi perempuan bahkan pada anak-anak memang suatu hal yang biasa terjadi. Setiap orang tentu akan mengalaminya atau bahkan pernah mengalami kondisi susah tidur malam (insomnia). Hal tersebut lebih umum terjadi di zaman serba modern ini sehingga berpengaruh pada masalah kesehatan fisik dan psikologis. Cara mengatasi susah tidur (Insomnia) secara islami adalah jalan yang tepat untuk membantu memulihkan kondisi tersebut.

Gejala susah tidur malam merupakan kejadian yang mengakibatkan fisik, tubuh, psikologis sangat susah untuk istirahat atau pun mendapatkan waktu tidur hanya sebentar. Oleh karena itu cara mengatasi susah tidur (insomnia) secara alami bisa jadi jalan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis setiap orang.

Banyak alasan yang mendasari seseorang mengalami susah tidur di malam hari mulai dari munculnya perasaan takut, perasaan khawatir, cemas, banyak pikiran dan sedang gundah gulana. Faktor lainnya yang sebagai alasan menjadikan susah tidur malam diantaranya faktor fisik dan efek samping dari zat stimulan mulai dari ketergantungan obat-obatan terlarang, kecanduan miras dan efek samping zat kafein pada kopi dan teh.

Baik kekurangan mau pun kelebihan semua berasal dari Alloh Subhanahu Wata’ala sedang peran manusia di muka bumi ini adalah beribadah. Rutinitas yang tidak di iringi dengan niat ibadah tentu akan membawa dampak buruk, tetapi jika kita mengerjakan segala sesuatu aktivitas seperti kerja dengan niat ibadah supaya kita bisa sehat dan khusus dalam beribadah tentu akan mendapatkan cukup banyak pahala untuk diri kita.

Manusia yang sudah mengenal dirinya sendiri tentu akan takut kepada Alloh dan senantiasa mengerjakan hal-hal yang di ridhoi oleh Alloh Subhanahu Wata’ala. Penting juga sebagai manusia untuk bisa menentukan waktu hidupnya di alam dunia ini berdasarkan pedoman al-hadits tentang memanfaatkan waktu lima perkara sebelum datang yang lima diantaranya :

Manfaatkan masa muda sebelum datang masa tua. Masa muda yang bermanfaat adalah dengan selalu berbuat kebaikan, meraih kesuksesan dan keberhasilan yang di cita-citakan.

Manfaatkan masa luang sebelum datang masa sempit. Masa luang adalah waktu yang baik untuk selalu mendekatkan diri dan beribadah kepada seperti halnya di malam hari adalah waktu yang tepat untuk berpasrah memohon petunjuk dari Alloh SWT atas masalah yang umat hadapi.

Manfaatkan masa sehat sebelum datang masa sakit. Sehat fisik dan sehat mental adalah anugerah Alloh SWT. Kita bisa bercengkrama berbincang-bincang, bertegur sapa dengan orang lain menandakan dirinya sedang sehat lahir dan batin. Berkaitan dengan susah tidur, bahwa tidak sepantasnya sebagai orang tua mencontoh anaknya untuk begadang setiap malam karena akan menjadi kebiasaan kelak anak tumbuh dewasa nanti.

Manfaatkan masa kaya sebelum datang waktu miskinmu. Tidak menjamin semua harta kekayaan akan dibawa oleh kita sampai ke liang lahat bahkan pangkat, jabatan, keluarga, anak semuanya tidak akan ada yang menemani kita. Segala kekayaan yang ada di alam dunia ini semua milik Alloh SWT dan akan dikembalikan kepada Alloh SWT. Maka penting sebagai umat muslim untuk mentasorubkan semua kekayaan di jalan Alloh SWT.

Manfaatkan masa hidup sebelum datang masa matimu. Hal yang kelima ini mengajarkan untuk kita sebagai umat manusia bahwa Alloh memberikan kesempatan hidup di dunia ini hanya satu kali dan kehidupan kekal abadi hanyalah di akhirat. Alqur’an dan al-hadits sendiri merupakan pedoman hidup umat manusia yang harus dijalani dengan senantiasa patuh dan taat atas perintah Alloh Azza Wa’zalla.

Berdasarkan ke-5 point di atas sudah dijelaskan secara fakta dan tersurat bahwa pentingnya bagi umat manusia untuk membagi waktu termasuk aktivitas dan istirahat.  Kelima point inilah yang bisa menjadi solusi baik sebagai cara mengatasi berbagai keluhan.


Created By : Sleep Care Obat Tidur