Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Banyak Pikiran

By | February 22, 2017

Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Banyak Pikiran – Banyak pikiran dalam bahasa Inggrisnya Overthinking adalah suatu kondisi dengan menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk memikirkan sesuatu secara mendalam. Overthinking sangat jauh berbeda dengan berfikir secara matang. Overthinking termasuk banyak pikiran dan membuang-buang waktu dengan memikirkan suatu yang sia-sia tanpa mendapat solusi apapun.

Banyak pikiran umumnya dialami bagi mereka yang mesti memilih keputusan atau mengalami suatu masalah. Jadi sering kali orang yang banyak pikiran akan berdampak pada kesehatan fisik dan psikis seseorang. Misalnya saja orang yang terlalu banyak pikiran akan menghabiskan waktunya untuk memperoleh keputusan sehingga sangat susah makan dan tidur. Lalu bagaimana cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran ?

Silahkan KLik informasi berikut =>>>> Sebutkan Syarat Obat Tidur yang Ideal !

Tanda umum yang mengakibatkan beberapa gejala terhadap fisik atau psikis seseorang yang susah tidur karena banyak pikiran diantaranya tidak bahagia, stres, sia-sia dalam menuntaskan masalah, masalah kecil menjadi besar, muncul rasa pesimis atau patah arang,kontra produktif, mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Dalam hal ini terdapat beberapa cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran antara lain :

■ Membersihkan badan dengan mandi. Bagi anda pekerja berat yang tinggal di daerah perkotaan, tentu dalam hal ini sering di tuntut oleh pekerjaan yang full time termasuk kerja lembur. Tetapi adakalanya anda mesti merelaksasikan diri dengan mandi air hangat malam hari atau bagi penganut agama islam biasanya disunahkan untuk berwudlu terlebih dahulu agar merasakan ketenangan lahir dan bathin.

■ Sarapan malam terlebih dahulu menjelang tidur. Jika pekerja lembur belum bisa memejamkan matanya untuk bisa mencoba sarapan terlebih dahulu, misalnya ada camilan silahkan ngemil terlebih dahulu. Memang hal ini tidak direkomendasikan oleh kesehatan, tetapi perlu untuk mengurangi beban pikiran yang melanda.

■ Minum susu dan bukan kopi. Susu mengandung nutrisi cukup lengkap yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan sering konsumsi susu setiap hari, maka potensi susah tidur akan bekurang.

■ Mencukupi kebutuhan harian air minum. Orang susah tidur tentu dalam hal ini akan menguras tenaga dengan meluangkan waktu untuk banyak berfikir. Jadi orang yang banyak pikiran sirkulasi darahnya tidak akan lancar, penuh kecemasan dan kepanikan.

■ Membatasi rokok. Rokok tentu termasuk zat perangsang saraf yang memerintahkan otak untuk tidak dapat beristirahat. Perlu diketahui bahwa rokok adalah salah satu penyebab utama susah tidur setelah faktor banyak pikiran.

■ Menjauhi menenggak alkohol. Bagi pecandu narkoba, alkoholisme sudah saatnya untuk mencoba berhenti dari kebiasaan buruk yang satu ini. Sebagai warga negara yang patuh terhadap hukum dan aturan maka wajib memahami hal tersebut.

■ Senantiasa melakukan ibadah. Ibadah bagi semua umat beragama tentui ada waktunya, sebisa mungkin untuk senantiasa memaksimalkan ibadah, bermeditasi atau dalam istilah islam bermunajat kepada Alloh Subhanahu Wata’ala.

■ Kurangi tidur siang hari dan membatasi diri dari kebiasaan begadang setiap malam.

■ Sebisa mungkin segera konsultasi kepada dokter agar memperoleh perawatan secara intensif.

■ Kerjakan hal-hal yang sekiranya tidak membebani pikiran dan selalu beradaptasi, berinteraksi dengan lingkungan dan rekan kerja.

itulah beberapa tips atau cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran. Mudah-mudahan ulasan yang disampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *