Tips Mengatasi Radang Tenggorokan secara Alami

Dalam dunia medis radang tenggorokan disebut juga dengan Faringitis yang merupakan suatu kondisi tenggorokan mengalami peradangan atau iritasi yang menyebabkan rasa sakit dan gatal. Beberapa kasus radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan diantaranya : Common cold, influenza, virus crop, virus campak danvirus campak air.

Selain dapat menyerang orang dewasa, radang tenggorokan juga dapat menyerang anak-anak saat mereka terserang flu dan batuk. Radang tenggorokan dapat membuat penderitanya menjadi keselitan pada saat menelan dan munculnya rasa sakit pada tenggorokan serta menimbulkan penyakit mulut lainnya seperti sariawandan gusi bengka serta suara menjadi serak.

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan secara Alami

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan secara AlamiDalam mengatasi radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri tidak boleh sembarangan, jika tidak tepat maka dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti jantung, rematik dan penyakit yang lainnya. Saat ini obat radang tenggorokan tradisional sangat populer di masyarakat, karena khasiatnya yang tidak menimbulkan efek samping apapun untuk kesehatan tubuh. Dibawah ini juga ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami, diantaranya :

  • Madu

Madu yang dicampur dengan teh dipercaya mampu untuk dijadikan sebagai ramuan untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami. Dalam sebuah studi ilmiah juga meneliti 139 anak-anak yang mengalami infeksi saluran pernapasan diberi madu. Studi tersebut menegaskan bahwa, madu dapat mengobati batuk serta menyembuhkan sakit pada tenggorokan, secara tidak langsung madu dapat mengobati luka pada tenggorokan.

  • Bawang Putih

Bawang putih telah dikenal oleh masyarakat luas sebagai bumbu yang digunakan sebagai bahan tambahan dalam memasak. Namun tidak hanya itu saja ternyata manfaatnya. Di dalam bawang putih terdapat senyawa allicin yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Agar pengobatan berlangsung secara efektif, bawang putih dikonsumsi dalam keadaan mentah secara rutin hingga sakit tenggorokan reda.

  • Air Garam

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Student Health Servise di University of Connecticut disebutkan bahwa berkumur menggunakan air garam dapat membantu dalam rasa sakit pada tenggorokan sekaligus dapat mencegah sekresi. Garam juga dapat membantu tubuh untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Studi lain di University of Puget Sound menyebutkan bahwa dalam 1/2 sdt garam yang dicampur dengan segelas air hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan pada tenggorokan juga membersihkan tenggorokan dari berbagai macam bakteri.

  • Teh

Selain memiliki rasa yang nikmat, teh juga ternyata dapat berguna untuk kesehatan. Mengonsumsi teh setiap hari dapat membantu dalam menyembuhkan radang tenggorokan yang anda derita. Jika ingi lebih efektif, dapat ditambahkan dengan satu sendok madu murni dalam mengonsumsinya.

  • Pisang

Pisang tentunya tidak asing lagi di telinga masyarakat luas. Buah ini memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat buah ini lebih mudah untuk ditelan termasuk oleh orang yang mengalami radang tenggorokan. Kandungan gizi yang terkandung pada pisang cukup baik yang kaya akan vitamin B6, vitamin C dan juga kalium yang dapat membantu dalam mengatasi radang tenggorokan secara alami.

  • Sup Ayam

Mendengarnya saja rasanya sangat ingin segera memakannya. Perlu anda ketahui bahwa selain memiliki rasa yang lezat, sup ayam mengandung natrium yang bersifat anti inflamasi sehingga dapat mempercepat penyembuhan sakit pada tenggorokan. Sup ayam sangat cocok dikonsumsi pada saat tenggorokan terasa sakit karena lebih lembut dari makanan seperti biasanya.

Itulah beberapa tips mengatasi radang tenggorokan yang dapat kami berikan untuk anda yang ingin mengatasi radang tenggorokan secara alami. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan anda segera diberikan kesembuhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *