Manfaat Meremajakan Kulit Melalui Teripang Emas

Manfaat Meremajakan Kulit Melalui Teripang Emas

Datuk Siti Nurhaliza

Manfaat Meremajakan Kulit Melalui Teripang Emas – Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang terdiri dari beberapa lapisan seperti epidermis, dermis, dan hipodermis. Kulit berfungsi sebagai alat eksresi karena terdapat kelenjar keringat yang berada di lapisan dermis.

 

Lapisan epidermis kulit

Epidermis terdiri atas lapisan tanduk dan lapisan malphigi. Fungsi kedua lapisan tersebut adalah pelindung dari gesekan, sinar UV dan suhu lingkungan. Lapisan malphigi memberi warna pada kulit dengan adanya pigmen melanin.

Lapisan Dermis

Lapisan ini terdapat akar rambut, pembuluh darah, ujung saraf, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak.

Hipodermis

Lapisan paling dasar di bawah dermis. Lapisan ini mengandung banyak lemak. Lemak pada dasarnya sebagai cadangan makanan, pelindung organ dalam dari benturan, dan menahan panas tubuh.

Berikut di bawah ini beberapa funsgi kulit yang mesti di ketahui antara lain :

○ Area produksi vit D dengan bantuan sinar UV.
○ Pengatur dan penyeimbang suhu tubuh.
○ Area akumulasi lemak.
○ Alat peraba atau perasa.
○ Alat eksresi khususnya keringat.
○ Pelindung organ di dalam tubuh.

Baca juga artikel =>>> Salep Khusus Menghilangkan Herpes Zoster

Beragam motif dan merk produk kesehatan kulit untuk pria atau wanitayang di jual bebas di pasaran. Dari ke semua bahan produk kecantikan sebagai upaya untuk meremajakan kulit agar terlihat bersih, putih, cerah, merona serta awet muda. Berbagai merk produk kecantikan berbahan kimia mesti di waspadai dari berbagai aspek baik dari aspek legalitas, kehalalannya, dan indikasinya. Oleh karena itu, jika ingin memilih produk yang dapat memberikan manfaat besar dalam hal meremajakan kulit adalah dengan bahan tradisional.

Manfaat Sempurna Teripang Emas untuk Meremajakan Kulit

 

Manfaat Meremajakan Kulit Melalui Teripang Emas

Teripang emas atau gamat emas adalah spesies timun laut yang paling bernilai tinggi karena kandungan nutirisi yang sangat lengkap. Teripang emas dari zaman dahulu hinga kini selalu dimanfaatkan dalam berbagai aspek seperti bahan pangan dan bahan obat tradisional.Teripang emas memiliki kandungan aktif biologi yang bermanafaat besar untuk peremajaan kulit. Terima emas mempunyai senyawa gamapeptide yang tidak di miliki spesies teripang yang lain. Senyawa tersebut berperan besar dalam mempercepat penyembuhan luka, meregenerasi sel-sel atau jaringan kulit yang rusak, mencegah rasa nyeri dan peradangan akibat penyakit kulit atau luka infeksi. memelihara sirkulasi darah dan menstabilkan emosi agar kulit nampak awet muda.

Manfaat Meremajakan Kulit Melalui Teripang EmasDi dalam dunia medis, teripang juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat luar biasa, diantaranya untuk penyembuhan luka seperti luka bakar, luka gores, sayat, mengatasi kulit gatal, sebagai tonik ginjal, darah tinggi, jerawat, asam urat, maag, masalah persendian pada usia lanjut, tumor, kista, kanker, stroke, kesehatan liver, kesehatan jantung dsb. Bahkan sudah banyak penelitian penelitian tentang khasiat dari ekstra teripang.

Di negara RRC ( Republik Rakyat Cina) telah dikenal ratusan tahun yang lalu di zaman Dinasti Ming (1364-1644 SM). Dari 134 spesies teripang laut di cina hanya 28 spesies yang dapat di konsumsi khususnya dalam pengobatan tradisional berbagai penyakit.

Di negeri jiran Malaysia, khususnya masyarakat yang tinggal di pulau Langkawi sudah mengenal gamat emas 300 tahun yang lalu untuk bahan obat tradisional. Selain itu masyarakat Malaysia di daerah lainnya sering mengolah air gamat untuk diproses menjadi minyak gamat untuk obat luka. Tidak hanya untuk obat, ternyata warga Malaysia banyak yang mengolahnya menjadi krim, jeli, gamat, gel gamat, pasta gigi gamat, pembersih wajah, sabun cair, sampo dan minyak urut gamat.

Berikut komposisi dasar ekstrak gamat emas diantaranya :

■ Gamapeptide.
■ Glucasaminoglycans (GAGs).
■ Glucosamine.
■ Glikosida Keratin.
■ Lektin.
■ Mineral.
■ Mukopolisakarida.
■ Omega 3, 6, dan 9.
■ Protein yang mencapai 86,8%.
■ Kolagen yang mencapai 80,0%.
■ Asam Amino.
■ Asam Lemak Essensial.
■ Asam Docosahexanat (DHA).
■ Antiseptik Alamiah.
■ Cell Growth Factor (CGF).
■ Chondroitin.
■ Philinopside A dan E.

Kajian ilmiah para pakar kesehatan tentang manfaat sempurna ekstrak gamat emas untuk peremajaan kulit diantaranya :

Menurut Dr.Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Menyatakan ” Teripang laut mengandung protein tinggi yakni mencapai 86,8% yang sangat baik untuk diberikan pada penderita diabetes melitus. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulinpun meningkat”

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Cina yang diterbitkan pada bulan Agustus 2005 dengan judul  ” Cancer Biology & Therapy,” teripang juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai E philinopside, atau PE. PE sendiri dapat menghambat pembentukan pembuluh darah yang memasok nutrisi kepada tumor. Dengan demikian akan  menekan pertumbuhan dan proliferasi tumor dalam tubuh Anda.

Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Menyatakan bahwa “kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang golden stichoupus variegatus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.”

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Brasilyang diterbitkan pada bulan September 1996 di”Journal of Biological Chemistry” menemukan bahwa kondroitin sulfat dapat berfungsi sebagai  antikoagulan.

Menurut Prof. Dr. Ridzwan Hashim dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Menyatakan bahwa ” Teripang mengandung 86,8% protein, protein teripang mudah diuraikan oleh enzim pepsin. Dari jumlah itu sekitar 80,0% berupa kolagen yang berguna sebagai pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan kulit.

Dalam pertumbuhan tulang, suplemen kalsium saja tidak cukup, lantaran tulang terdiri dari kalsium fosfat dan kolagen sebagai pengisi.

Tanpa kolagen tulang menjadi rapuh dan mudah pecah seperti kaca. Sebaliknya bila tanpa kalsium, tulang akan kenyal seperti karet. Untuk itu diperlukan komposisi yang seimbang.”

Dr Oetjoeng Handajanto Sukajadi, Bandung. Perkenalan dr Oetjoeng Handajanto dengan ekstrak teripang pada 2004. Semula ia menganggap ekstrak teripang hanya suplemen. Ahli terapi kolon itu memberikan ekstrak itu kepada penderita gangren atau luka akibat diabetes mellitus. Dalam hitungan hari, luka pun mengering. Menurut lulusan Fakultas Kedokteran Bochum University, Jerman, itu keampuhan ekstrak teripang kaya kolagen. Faedah kolagen meningkatkan regenerasi sel-sel mati akibat luka sehingga mempercepat penyembuhan. Ia tak menyangka ekstrak itu mampu menyembuhkan luka dalam waktu singkat.

Bagaimana dengan diabetes mellitus? Penyakit kencing manis itu pada dasarnya tidak bisa disembuhkan, tetapi kadar gula darah hanya bisa dikontrol. Itu pun hanya pada penderita diabetes tanpa ketergantungan insulin. Nutrisi pada teripang mampu merangsang kelenjar pankreas memproduksi insulin. Selain itu anggota famili Holothuriidae itu memperbaiki kinerja ginjal dan limfa sehingga gula dapat dicerna dengan baik. Senyawa aktif itu juga berguna untuk mengatasi luka dinding lambung penderita maag akut dan gangguan pencernaan.

Mengkonsumsi  teripang  atau ekstrak teripang  juga dapat  mempercepat penyembuhan luka, karena teripang mampu berfungsi dalam pembentukan jaringan baru dalam waktu singkat . Hal ini mungkin disebabkan oleh karakter teripang yang mempunyai zat tertentu yang dapat dengan cepat meregenerasi  jaringan tubuhnya yang rusak karena terluka.  Hal tersebut dikemukakan oleh  “Marine Drugs” dalam sebuah Studi yang dilakukan pada bulan Oktober 2011, kemampuan teripang dalam meregenerasi tubuhnya yang rusak, karena binatang ini  mengandung  asam lemak tertentu, seperti misalnya asam arakidonat.

Prof.Dr.Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia. Dari hasil penelitiannya disebutkan bahwa ” teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokkan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis.
Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang sangat tinggi.”

Dalam sejarah pengobatan bangsa Cina, timun laut dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi, untuk mengatasi gangguan ginjal, dan sistem reproduksi. Teripang emas pun dapat dijadikan obat untuk mengatasi kelelahan, impotensi, dan konstipasi.

Sekian uraian kali ini tentang pentingnya menjaga dan merawat kesehatan kulit tubuh baik pria atau pun wanita. Dengan melalui bahan-bahan alami seperti teripang emas diharapkan dapat mengambil manfaat sempurna dari kandungan pada teripang emas. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi semua para pembaca.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Tips Memilih Makanan Ampuh Menjaga Kulit Tetap Sehat 
Trik Agar Kulit Wajah Bersih
Manfaat Masker Strawberry
Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Be Sociable, Share!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *