Makanan Penyebab Rasa Sakit Batu Empedu

Makanan Penyebab Rasa Sakit Batu Empedu – Organ yang menyimpan empedu di produksi oleh hati yang di kenal sebagai kantung empedu. Empedu merupakan cairan kantong empedu yang berfungsi menyerap lemak. Apabila cairan tersebut mengeras, maka akan membentuk batu empedu.

Ukuran batu empedu memang bervariasi mulai dari butiran pasir hingga ada sebesar bola pingpong. Jumlah batu yang ada pada kantung empedu juga berbeda ada yang satu atau banyak sekali batu empedu sehingga memicu rasa sakit yang cukup serius.

Pemicu terjadinya batu empedu diakibatkan pengerasa kolesterol yang terakumulasi sedemikian rupa pada cairan empedu. Hal tersebut terjadi karena ketidakseimbangan antara kolesterol dengan semyawa kimia dalam cairan empedu.

Sebenarnya batu empedu tidak memicu reaksi sakit, tetapi jika terjadi penyumbatan saluran kantung empedu, maka pengidap akan mengalami gejala berupa rasa sakit pada bagian kanan perut yang datang secara mendadak.

Berikut beberapa faktor yang meningkatkan potensi penyakit batu empedu antara lain :

Faktor usia.

Potensi penyakit batu empedu akan bertambah seiring pertambahan usia. Penyakit tersebut umumnya dialami oleh kalangan usia lanjut atau manula.

Pengaruh berat badan.

Potensi selanjutnya berupa peningkatan berat bada yang secara berlebihan dengan mengonsumsi beberapa lemak dan memicu penimbunan lemak di dalam hati.

Efek melahirkan.

Kalangan wanita yang pernah melahirkan memliki potensi besar untuk kasus batu empedu, sebab peingkatan kadar kolesterol akibat perubahan hormon selama masa kehamilan.

Gejala komplikasi batu empedu

Gejala batu empedu memang hal yang cukup serius diantaranya :

■ Nyeri pada perut.

■ Nyeri di area perut kanan dan atas, di bawah tulang rusuk.

Gejala lain batu empedu :

■ Penyakit kuning.

■ Demam, pusing dan menggigil.

■ Cairan urine berwarna gelap.

■ Tinja berubah warna jadi cerah.

Lantas apa yang menjadi penyebab seseorang mengalami batu empedu ? Berikut adalah beberapa makanan yang menjadikan seseorang mengalami batu empedu antara lain :

Susu

Mulai dari sekarang batasi diri untuk mengonsumsi susu sapi dan beralih untuk mengonsumsi susu rendah lemak seperti susu kedelai, susu kambing, susu dari kacang almond dan sebagainya.

Makanan olahan 

Kesemua makanan olahan baik keripik, tepung, es krim, roti purih, fudge ke semua bahan mengakibatkan masalah pada empedu. Biasakan untuk mengonsumsi yoghurt untuk pengganti es krim, keripik kentang dan sebagainya.

Daging berlemak.

Jauhi sedini mungkin makanan-makanan yang dapat memicu risiko batu empedu seperti daging asap, daging bakar, sosis, burger yang memicu kolesterol jahat.

Makanan yang mengandung asam tinggi. 

Beberapa makanan seperti kopi,  tomat atau buah jeruk dapat memberikan dampak negatif pada kandung empedu. Mengurangi konsumsi dan mencoba untuk memberikan keseimbangan yang baik dengan dan diet alkalizing.

Digoreng makanan. 

Lupakan tentang makanan yang digoreng. Gunakan tepung gandum untuk lapisan renyah daging dan panggang di manfaat dari penggorengan. Juga mengganti ayam goreng dan donat dengan yang dipanggang.

Demikian  ulasan tentang beberapa makanan yang menjadi penyebab rasa sakit batu empedu. Semoga bahasan yang di buat kali ini dapat bermanfaat bagi semua para pembaca sekalian.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *