Jenis-Jenis Karbohidrat yang Baik Bagi Kesehatan

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin di negara kita tidak lepas dari mengonsumsi karbohidrat terutama nasi, tetapi jenis-jenis karbohidrat itu sangat beragam dan sangat diperlukan untuk tubuh sebagai zat pembakaran makanan menjadi energi. Karbohidrat sebenarnya tidak menyebabkan peningkatan berat badan, faktanya berat badan disebabkan pola makan yang buruk dan kurang berolahraga.

Apabila anda berpikir bahwa peningkatan berat bada diakibatkan karena mengonsumsi karbohidrat, itu salah besar. Mulai dari sekarang penting sekali untuk mengonsumsi karbohirdrat terutama nasi yang sudah turun temurun kita konsumsi.

Beberapa daftar karbohidrat yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh diantaranya sebagai berikut :

Nasi, beras atau padi.

Jenis-Jenis Karbohidrat yang Baik Bagi Kesehatan Nasi merupakan beras yang sudak di tanak atau di masak untuk mendapatkan unsur lunak, lengket dan beraroma. Penanakan nasi memerlukan air mendidih yang di kenal dengan nge-tim. Nasi yang telah di masak berbeda warna dan teksturnya tergantung jenis beras yang dipakainya, ada beras putih, beras ketan, beras merah atau beras hitam. Kandungan amilosa yang rendah pati beras akan menghasilkan nasi dengan tekstur transparan dan lengket. Nasi telah di kenal oleh bangsa Asia semenjak dahulu sebagai makanan pokok dan tentunya sumber kebutuhan gizi bagi tubuh.

Olahan gandum.

Jenis-Jenis Karbohidrat yang Baik Bagi Kesehatan

Olahan gandum atau yang lebih di kenal sebagai oats (oatmeal) merupakan sereal paling penting yang mayoritas di konsumsi orang-orang eropa dan amerika. Oats adalah nutirisi sarapan sehat tinggi protein, serat, fosfor, zat besi juga vitamin dan mineral. Karbohidrat oats dapat memberikan sumber cadangan tenaga untuk tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Biji Gandum. atau Quinoa

Jenis-Jenis Karbohidrat yang Baik Bagi Kesehatan

Nah, kalau barusan tentang olahan gandum, maka yang selanjutnya adalah bijinya. Biji gandum salah satu nutrisi penting tinggi serat dan kaya unsur protein nabati. Bagi anda yang vegetarian agar mendapatkan asupan protein maka cara lainnya menegonsumsi gandum. Biji gandum akan memicu reaksi kenyang dan tahan lama meningkatkan performa bagi tubuh.

Jawawut atau Millet

Jenis-Jenis Karbohidrat yang Baik Bagi Kesehatan

Pernah dengar jawawut atau juwawut sebelumnya? Ya karbohidrat yang sejenis dengan gandum ini adalah makanan pokok Asia Timur dan beberapa negara Asia Tenggara sebelum beras atau padi di kenal luas. Sejarahnya adalah dari catatan di negeri Cina menuturkan bahwa juwawut telah dibudidayakan pada sekitar 5.000 tahun sebelum masehi. Juwawut atau sekoi sejenis sereal alkalizing yang di anggap oleh masyarakat cina sebagai makanan sakral dan bahan obat tradisional.

Beras hitam atau beras merah.

Jenis-Jenis Karbohidrat yang Baik Bagi Kesehatan

Beras merah merupakan karbohidrat lainnya yang menyehatkan selain nasi karena memiliki beberapa nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Selain itu beras merah kayan akan protein, kalsium, kalium, magnesium, serat, dan tiamin. Bahkan baru-baru ini beras merah direkomendasikan sebagai alternatif yang baik bagi pengidap diabetes.

■  Jagung.

Jagung adalah sumber karbodrat yang penting dan biasanya lebih di konsumsi oleh orang Indonesia bagian Timur seperti jawa timur, jawa tengah, nusa tenggara, maluku, sulawesi dan papua. Jagung memiliki nutrisi kompleks berupa kalori yang cukup tinggi, kaya akan serat alami, sebagai sumber antioksidan dalam menangkal racun dan radikal bebas, kaya akan mineral, bervitamin dan senyawa alamih lainnya.

■ Sagu.

Sagu merupakan olahan tepung yang berasal dari pohon sagu atau batang rumbia dengan karakertisik seperti tepung tapioka. Sagu adalah karbodrat lainnya yang umum di konsumsi masyarakat maluku dan irian jaya.

■ Ketela pohon.

Ketelah pohon atau singkong memang makanan yang familiar di seluruh dunia. Umumnya makanan ini dapat dijadikan berbagai olahan yang menarik dan unik seperti tape atau dalam bahasa sunda di kenal dengan peuyeum. Selain itu, karbohidrat yang satu ini sama dengan karbohidrat yang lainnya yang dapat menyimpan cadangan energi untuk jangka waktu yang lama.

Dalam hal ini perlu mempertimbangkan asupan karbohidrat yang baik dan pentingnya menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.Tdak lupa untuk menjaga kebugaran berupa olahraga serta menjaga kebersihan agar senantiasa mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Obat Tidur dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh
Cara Mengobati Apnea Tidur
Obat Jet Lag (Penat Terbang) Alami dan Aman
Bahaya Insomnia

 

 

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *